Forum Manajemen Indonesia

Forum Manajemen Indonesia

Seminar dan Call For Paper FMI KE-4

Seminar dan Call For Paper FMI KE-4
Friday, 16 November 2012



Seminar Nasional dan Call For Paper Forum Manajemen Indonesia (FMI) ke-4 dengan tema Indonesia Family Business Sustainability  yang diselenggarakan di Hotel Inna Garuda selama 2 hari yaitu Selasa-Rabu 13-14 Nopember 2012. UII (Fakultas Ekonomi UII  prodi Manajemen) sebagai tuan rumah FMI ke-4 ini didukung 5 konsorsium prodi manajemen perguruan tinggi swasta di DIY antara lain UAJY, UKDW, UTY, STIE YKPN, STIM YKPN.

Ketua panitia penyelenggara FMI Ke-4 Drs. Arif Hartono, MHRM., Ph.D dalam sambutannya melaporkan bahwa dari undangan yang disebar ke perguruan tinggi se Indonesia direspon sangat baik dimana 251 abstrak penelitian masuk meja panitia dan final terpilih 205 paper dari 43 perguruan tinggi untuk dipresentasikan. Paper yang masuk tersebut terbagi menjadi 4 bidang penelitian yakni manajemen pemasaran, manajemen SDM, manajemen keuangan dan manajemen operasi. Ditambahkan pula bahwa tema yang diambil adalah seputar family business, karena diketahui bahwa banyak pihak yang belum memahami secara mendalam mengenai family business di Indonesias. Orang banyak mengira bahwa family business identik dengan perusahaan kecil, padahal banyak perusahaan besar –bahkan sudah terdaftar di Bursa Effek Indonesia- berbentuk perusahaan keluarga. Tema ini sedang menjadi trending topic di luar negeri pada bidang manajemen sehingga perlu diperkenalkan kepada akademisi Indonesia. Oleh karena itu, acara ini juga mengundang pembicara internasional untuk berbagi ilmu dengan akademisi Indonesia.

Seminar nasional  menghadirkan Keynote Speech Prof. Brenda Scott-Ladd, seorang Dosen dari Curtin University – Australia, dilanjutkan dengan pembicara dari akademisi dan praktisi yang berkompeten di bidang family business antara lain Drs. Achmad Sobirin, MBA. PhD. (Dosen Prodi Manajemen FE UII), Alberto D. Hanani (Dirut Beda & Company), Ananda Sekar Bumi, PhD. (Dosen Universitas Bina Nusantara), Santi L. Poesposoetjipto (Dirut PT Samudera Indonesia, Ketua Family-Business Network Wilayah Asia Pasifik).

Wakil Rektor II UII, Dra. Neny Meidawati, MSi. Ak yang mewakili Rektor UII dalam sambutannya mengungkapkan bahwa seminar ini sejalan dengan program pemerintah untuk mengembangkan entrepreneur muda yang dapat membuka lapangan kerja di berbagai sector, dan berharap dengan ilmu dan pengamalam para pakar praktisi dan akademisi baik dari Indonesia maupun luar negeri yang dihadirkan dapat memberikan pemikiran kepada peserta tentang family business yang dapat diimplementasikan dalam dunia nyata. Sementara salah seorang pembicara Drs. Achmad Sobirin, MBA., Ph.D yang juga sebagai Direktur Indonesia Institute of Family Firm Prodi Manajemen FE UII mengungkapkan bahwa  “Di Negara-negara maju sekalipun keberadaan perusahaan keluarga sangat dominan”  Meskipun demikian, menurutnya masih saja ada pandangan sempit yang mengkonotasikan perusahaan keluarga sebagai perusahaan kecil menegah yang lambat, struktur organisasi datar, dan mengandalkan teknik kuno. Perusahaan ini juga dianggap tidak menguntungkan dibandingkan dengan peusahaan yang dikelola manajer. Pandangan demikian harus direvisi karena hasil kajian empiris menunjukkan hal yang sebaliknya. Tidak sedikit perusahaan keluarga yang sangat dinamis, inovatif dan sangat menguntungkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar